Rumah Sakit Harus Siap Hadapi Perkembangan Teknologi di Era Industri 4.0


 Ketua Umum Asosiasi Rumah Sakit Swasta Indonesia (ARSSI), Drg. Susi Setiawaty, MARS, mengatakan  rumah sakit di Indonesia perlu beradaptasi menghadapi Era Industri 4.0. Persiapan diperlukan agar tidak kaget dengan perkembangan teknologi terbaru. 
"Sekarang artificial intelligence di rumah sakit bisa mendiagnosis lebih canggih. Nah, rumah sakit perlu aware, harus beradaptasi," kata Susi dalam konferensi pers Seminar Nasional Asosiasi Rumah Sakit Swasta Indonesia di Kuningan, Jakarta pada Selasa (23/7/2019).

Manajemen rumah sakit juga didorong untuk melakukan perubahan serta inovasi di segala bidang untuk merespons tuntutan dan kebutuhan konsumen di masa yang akan datang.
Respons bijak dan cerdas akan perubahan ini juga harus melibatkan semua pihak termasuk pemangku kepentingan, institusi dan fasilitas kesehatan baik sektor pemerintah dan swasta, akademik, pendidikan, organisasi profesi, perusahaan, serta masyarakat.
"Perubahan sudah terjadi, jadi kita harus beradaptasi dan bagaimana rumah sakit itu menyiapkan diri supaya tidak tergerus."

Share:

Recent Posts